

- Indeks Kepuasan Masyarakat Triwulan I Januari-Maret Tahun 2025
- Hari Kanker Tulang 11 April 2025
- Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan
- Hari Tuberkulosis Sedunia
- Buletin Epidemologi Edisi Maret Tahun 2025
- Mengenal Macam-Macam Nyamuk Beserta Penyakit yang Ditularkan
- Hari Perempuan Internasional
- Pelayanan KB dalam Rangka Muslimat NU tahun 2025
- Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Cangkrep Purworejo Triwulan I
- Jam Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Selama Bulan Puasa
In House Training Service Exellence untuk Layanan Terbaik Kepada Masyarakat
In House Training Service Exellence bagi Karyawan Puskesmas Cangkrep Purworejo sebagai upaya Peningkatan Kualitas Layanan Kepada Masyarakat Oleh BKPSDM Kabupaten Purworejo

Senin, 24 Februari 2025 telah dilaksanakan In House Training Service Exellence di Aula dengan narasumber Kepala BKPSDM Kabupaten Purworejo, Bapak Agung Wibowo, A.P., M.M . Kegiatan tersebut merupakan upaya Puskesmas Cangkrep Purworejo dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat merasa puas dan terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Cangkrep.
Bapak Agung menyampaikan bahwa Excellent Service adalah pelayanan prima berfokus pada kepuasan dan kebutuhan pelanggan (pasien). Pelayanan kesehatan harus responsif, profesional, serta ramah terhadap pasien dan keluarga dan berfokus padakebutuhan dan harapan pasien. Oleh karena itu, petugas perlu berkomunikasi yang baik, responsif terhadap keluhan, dan cepat dalam memberikan pelayanan yang efisien.
Contoh Excellent Service penting diterapkan di Puskesmas yaitu :
1. Menyambut Pasien dengan Ramah : Setiap pasien yang datang disambut dengan senyum dan sapaan, serta diberikan informasi tentang waktu tunggu dan proses pelayanan.
2. Pelayanan Cepat dan Efisien : Menerapkan sistem antrean yang baik dan memprioritaskan pasien darurat.
3. Komunikasi yang Transparan : Memberikan penjelasan rinci mengenai diagnosa, pengobatan, dan biaya yang harus dikeluarkan.
4. Memberikan Solusi yang Tepat : Memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi pasien dan memastikan pasien memahami rencana perawatannya.
5. Follow-Up Pasca Perawatan : Memberikan informasi tindak lanjut setelah pelayanan kesehatan, seperti pengobatan lanjutan atau kontrol kesehatan.
Bapak Agung menyampaikan bahwa petugas perlu sabar dan sigap dalam melayani pasien. Walau tidak mudah dipraktekkan apalagi para pasien Puskesmas memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Di akhir acara Bapak Agung menyampaikan tidak ada istilah super man atau super woman dalam satu lingkungan kerja, namun dibutuhkan super team untuk mewujudkan pelayanan Puskesmas yang prima. Seluruh pegawai Puskesmas adalah setara, tidak ada yang lebih, tidak ada yang kurang, semuanya memegang peranan penting sehingga dibutuhkan chemistry dan teamwork untuk mewujudkan pelayanan Puskesmas Cangkrep yang optimal dan maksimal.
Selain itu narasumber ASDMA BKPSDM Kabupaten Purworejo Jovi Andre
Kurniawan, S.Sos, memberikan arahan mengenai Ijin nikah dan perceraian, sebab saat ini tren
perceraian ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo sedang mengalami
peningkatan.